Beranda | Artikel
Manusia Yang Sakarat Ingin Kembali Ke Dunia
Senin, 8 Februari 2021

Bersama Pemateri :
Ustadz Ali Nur

Manusia Yang Sakarat Ingin Kembali Ke Dunia merupakan bagian dari kajian Islam ilmiah Al-Qiyamah Ash-Shughra yang disampaikan oleh Ustadz Ali Nur, Lc. Hafidzahullah. Kajian ini disampaikan pada Senin, 19 Jumadal Akhirah 1442 H / 01 Februari 2021 M.

Kajian Tentang Manusia Yang Sakarat Ingin Kembali Ke Dunia

Ada manusia yang ingin kembali ke dunia ketika dia tahu nyawanya akan dicabut. Dan sebagaimana yang sudah kita bahas di kajian-kajian lalu bahwasanya Allah dengan tegas mengatakan:

فَإِذَا جَاءَ أَجَلُهُمْ لَا يَسْتَأْخِرُونَ سَاعَةً ۖ وَلَا يَسْتَقْدِمُونَ

Kalau sudah ditentukan datang ajalnya, maka tidak akan ada penundaan sedikitpun dan tidak ada percepatan sedikitpun.” (QS. Al-A’raf[7]: 34)

Ketika manusia melihat itu, mereka ingin kembali untuk melakukan amalan-amalan shalih yang pernah dia tinggalkan. Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman:

حَتَّىٰ إِذَا جَاءَ أَحَدَهُمُ الْمَوْتُ قَالَ رَبِّ ارْجِعُونِ ﴿٩٩﴾ لَعَلِّي أَعْمَلُ صَالِحًا فِيمَا تَرَكْتُ

Ketika datang kematian pada salah seorang mereka, mereka mengatakan: ‘Ya Allah, kembalikan aku agar aku melakukan amalan shalih yang pernah aku tinggalkan.’” (QS. Al-Mu’minun[23]: 99-100)

Allah Subhanahu wa Ta’ala menjawab:

كَلَّا ۚ إِنَّهَا كَلِمَةٌ هُوَ قَائِلُهَا

Sekali-kali tidak, itu hanya alasan saja. Di hadapannya sudah membentang alam barzakh hingga hari kiamat.” (QS. Al-Mu’minun[23]: 100)

Jangan sampai kita termasuk orang-orang yang seperti ini. Dimana kita ingin Allah mengembalikan nyawa kita atau memperlambat ajal kita, padahal itu satu hal yang tidak mungkin. Penyesalan disaat seperti ini adalah penyesalan yang tidak ada gunanya sama sekali.

Maka manfaatkan waktu kita saat ini untuk terus mendekatkan diri kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala. Ingat, tidak ada gunanya penyesalan di saat malaikat maut sudah datang untuk mencabut nyawa kita. Pada saat itu keimanan dan taubat tidak ada gunanya sama sekali.

Lalu bagaimana proses tercabutnya nyawa untuk hamba yang kafir? Mari download mp3 kajian dan simak penjelasan yang penuh manfaat ini..

Download mp3 Kajian


Artikel asli: https://www.radiorodja.com/49766-manusia-yang-sakarat-ingin-kembali-ke-dunia/